Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kolostrum

Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kolostrum ditentukan pada banyak sedikitnya kandungan immunoglobulin. Semakin tinggi kandungan Immunoglobulin ang terdapat pada kolostrum yang dihasilkan, semakin baik kualitas kolostrum. Kandungan Immunoglobulin yang terdapat dalam kolostrum dapat diperkirakan dengan melakukan pengukuran menggunakan alat colostrometer.

Kualitas Susu Kolostrum

Pedet atau anak sapi yang baru lahir mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah. Oleh karena itu pemberian kolostrum pada anak sapi ini adalah WAJIB. Zat antibodi utama yang terkandung dalam kolostrum adalah immunoglobulin (Ig). Immunoglobulin (Ig) yang terdapat dalam kolostrum yang dihasilkan dari induk sapi berperan penting dalam melindungi pedet atau anak sapi dari berbagai macam penyakit yang pada masa awal kehidupannya. Ada 3 macam immunoglobulin yang sering terdapat dalam kolostrum yang dihasilkan dari induk sapi yaitu Immunoglobulin G, M dan A (IgG,IgM dan IgA). IgG sendiri terdiri dari 2 macam yaitu IgG1 dan IgG2. Ukuran dari molekul IgG lebih kecil dibandingkan dengan jenis Ig yang lain sehingga mudah untuk berpindah dari peredaran darah kesetiap bagian tubuh sehingga mampu membantu untuk mengenali setiap kuman pathogen yang masuk. Sedangkan IgM merupakan salah satu pertahanan pertama dalam kasus septicemia, karena ukuran molekulnya yang besar IgM menetap di darah dan melindungi dari invasi bakteri merupakan Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kolostrum dalam vitayang. IgA berperan dalam melindungi lapisan mukosa, seperti permukaan usu misalnya.

Pemberian Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kolostrum 

Kolostrum ini sebaiknya diberikan sesegera mungkin pada anak sapi tersebut setelah pedet atau anak sapi ini lahir dan maksimal 4 jam setelah lahir. Keterlambatan dalam pemberian kolostrum pada anak sapi akan memperbesar resiko kematian untuk anak sapi itu sendiri. Kemampuan absorbsi usus pada anak sapi terhadap Immunoglobulin semakin menurun seiring dengan lamanya rentang waktu dari kelahiran. Semakin lama usus anak sapi dibiarkan dan tidak diberi asupan kolostrum maka akan semakin sulit untuk menyerap Immunoglobulin. Pada 9 jam post partus sekitar 50% Immunoglobulin dapat diserap, dan pada 12 post partus hanya mampu menyerap sekitar 30% saja.

Banyak Pemberian Kolostrum

Semakin besar anak sapi tentu saja kebutuhan kolostrum untuk asupan tubuhnya semakin banyak. Kolostrum ini sebaiknya diberikan pada anak sapi sebanyak 4 liter pada waktu kurang dari 4 jam post partus (minimal 2 liter untuk pedet yg kecil) kemudian diberikan lagi 8 jam kemudian (12 jam post partus) minimal sebanyak 3 liter yang menjadi Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kolostrum. Sedangkan bila berdasarkan berat badan pemberian kolostrum sebaiknya sekitar 10-15% dari berat badan pedet.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kolostrum dan jumlah dari kolostrum :

Semua jenis sapi pastinya menghasilkan susu, namun jumkah dan kualitas yang dihasilkan setiap sapi berbeda-beda dan susu sapi kolostrum tertentu yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Berikut sekilas faktor yang menentukan jumlah dan kualitas susu berkolostrum adalah :

– Nutrisi

Pemberian pakan yang bagus akan meningkatkan kadar Immunoglobulin dalam kolostrum yang dihasilkan. Protein merupakan salah satu komponen penting untuk menentukan volume, kualitas dan kandungan immunoglobulin dalam kolostrum.

– Umur induk

umur induk dapat menjadi Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kolostrum. Banyaknya kolostrum dan kandungan antibodi yang terdapat pada sapi laktasi pertama lebih sedikit dibandingkan dengan sapi-sapi yang lebih tua atau dapat diartikan dengan 2 kali laktasi atau lebih dari biasanya. Sapi yang lebih tua lebih mempunyai kemampuan untuk menghasilkan susu yang lebih baik dan sitem transport antibodi yang lebih baik pula. Sapi yang lebih tua juga lebih lama mendapatkan stimulasi antigenik sehingga lebih banyak antibodi yang dihasilkan.

– Jenis sapi dan volume kolostrum yang dihasilkan

Jumlah kolostrum yang banyak maka akan menurunkan konsentrasi Immunoglobulin yang terkandung. Oleh karena itu konsentrasi antibodi (immunoglobulin) pada sapi potong lebih tinggi dibandingkan pada sapi perah. Konsentrasi antibodi (immunoglobulin) pada sapi FH lebih rendah dibandingkan dengan sapi Jersey.

Cara Menyimpan Kolostrum

Cara anda untuk menyimpan kolostrum ini menjadi salah satu Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kolostrum. Apabila ada suatu kejadian misalnya sapi milik anda yang baru saja melahirkan mengalami distokia, anaknya selamat, tetapi induknya mengalami cidera sehingga harus dilakukan pengafkiran, maka sebaiknya kolostrum dari induk dapat diperah terlebih dahulu sebelum diafkir dan disimpan untuk digunakan di lain hari yang akan diberikan untk anak sapi yang baru saja dlahirkannya. Cara penyimpanan kolostrum juga menjadi faktor yang mempengaruhi kualitar kolostrum adalah dari sapi yang baru saja melahirkan diperah kemudian dimasukkan kedalam wadah yang steril dan disimpan pada suhu rendah atau dalam refrigerator dan bisa juga dibekukan. Cara penyimpanan dapat dilakukan dengan :

  • Kolostrum yang disimpan pada suhu yang sedang sekitar suhu 20 derajad celsius dengan cara aseptos yang dapat bertahan selama kurang lebih 2 hari.
  • Encerkan kolostrum beku yang sudah anda perah tadi dengan hati-hati pada suhu 50oC
  • Berikan kolostrum minimal 2-3 hari setelah anak sapi tersebut lahir
  • Jangan memberikan susu kolostrum yang mengandung darah atau mastitis pada anak sapi
  • Jangan menunggu anak sapi yang baru lahir sampai bisa berdiri baru diizinkan untuk dibeikan kolostrum
  • Jangan memberikan kolostrum yang sudah rusak pada anak sapi
  • Jangan lupa memberikan kolostrum pada pedet atau anak sapi yang baru saja dilahirkan
  • Penggunaan kolostrum sapi lain yang baru melahirkan mungkin juga bisa menjadi salah satu pilihan tetapi perlu anda ingat bahwa konsentrasi immunoglobulin tiap sapi selalu berbeda-beda.

Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kolostrum 

CARA PEMESANAN VITAYANG
Vitayang Susu Colostrum Terbaik, Minuman Kesehatan Mengandung Antibiotik Alami dan Diperkaya Oleh Immunoglobulin (Ig) Alami

Produk Susu Vitayang

Harga 1 Box Vitayang-Susu Colostrum Isi 15 Sachet = Rp.265.000,-

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0791-4826, tuliskan : Pesan Vitayang, Jumlah Box, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Vitayang - Susu Colostrum Terbaik, Minuman Kesehatan Mengandung Antibiotik Alami dan Diperkaya Oleh Immunoglobulin (Ig) Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Susu Kolostrum, Vitayang and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *